sss

Rahasia masak makanan laut yang Enak dan Sehat

Ada yang bilang jika masak makanan laut jauh lebih sulit dibandingkan dengan memasak makanan air tawar. Padahal bukan rahasia lagi jika makanan laut memiliki kandungan gizi yang luar biasa sehingga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga. Namun sayangnya, makanan laut bau yang lebih amis dan juga tekstur yang istimewa sehingga dibutuhkan trik khusus agar hasil masakan tidak amis, mentah atau terlalu alot. Jika Anda termasuk penggemar makanan laut, sebaiknya simak rahasia masak makanan laut yang enak dan sehat, diantaranya :

Cumi

Masak cumi yang enak, tidak amis dan empuk membutuhkan trik khusus saat mengolahnya, diantaranya : kupas bagian kulit luar cumi hingga bersih agar bau amis hilang, masak cumi jangan lebih dari 3 menit agar hasilnya empuk dan tidak alot.

Ikan

Ikan memiliki jaringan dan lemak yang cukup sedikit sehingga akan terlihat jelas ikan yang matang sempurna atau kematangan (over cook). Pastikan tidak lebih dari 10 menit, karena waktu tersebut sudah bisa membuat ikan matang sempurna hingga kedalam.

Kerang

Kerang laut memilikitekstur yang empuk dan kenyal. Untuk mendapatkan tekstur yang pas, Anda bisa memasak kerang selama 3-5 menit saja dan jangan terlalu lama agar tidak menyusut dagingnya.

Udang

Memasak udang juga tidak perlu terlalu lama agar teksturnya lembut dan warnanya juga cantik. Tanda jika udang sudah matang adalah warnanya kemerahan secara keseluruhan. Umumnya untuk masak udang hanya dibutuhkan waktu sekitar 3-5 menit saja. Untuk menghilangkan bau amis, buang kotoran yang ada di kepala dan punggungnya.

Kepiting

Kepiting memiliki daging yang manis dan gurih. Sebelum memasak, pastikan buang bagian pantat atau tempat kotorannya agar tidak amis. Kukus terlebih dulu hingga setengah matang, baru setelah itu Anda bisa mengolahnya dengan bumbu sesuai selera.

Remis

Dibandingkan dengan kerang, masak remis membutuhkan waktu lebih lama karena memang dagingnya lebih tebal. Dibutuhkan waktu sekitar 6-10 menit agar teksturnya pas dan enak. Agar rasa remis tidak berpasir, Anda bisa merendamnya dalam air dingin sebelum dimasak.
Dengan mengetahui Rahasia masak makanan laut yang Enak dan Sehat diatas, pastinya Anda akan lebih mudah lagi saat mempraktekkannya. Selamat berkreasi!


Tags : menu makanan seafood jenis makanan seafood resep masakan seafood cumi resep masakan seafood udang resep masakan seafood kepiting masakan seafood malaysia resep masakan seafood kerang aneka olahan seafood
Loading...
loading...
Previous
Next Post »