sss

Tips Cerdas Menyimpan Telur Agar Awet dan Nutrisinya Terjaga

Telur termasuk sumber protein yang banyak digemari masyarakat, karena selain mudah didapat, telur juga mudah diolah, dan harganya juga lumayan ramah di kantong. Telur seringkali menjadi lauk pilihan bagi para ibu, karena mudah diolah menjadi aneka hidangan lezat dan bergizi. Alasan itulah yang membuat banyak wanita membeli telur dalam jumlah banyak sekaligus untuk persediaan di rumah. Meski bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama, namun Anda tetap harus memperhatikan kelayakan telur, karena telur termasuk bahan mentah yang bisa basi atau busuk. (Bahan lain yang bisa dibuat Perkedel yang Nikmat Bergizi)
Satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyimpan telur, karena penyimpanan telur yang tidak tepat akan membuat kualitasnya cepat menurun dan lebih cepat busuk. Nah, alangkah sayangnya jika stock telur Anda harus berakhir di tempat sampah. Agar tidak salah lagi, simak tips menyimpan telur agar awet dan Nutrisinya Terjaga berikut ini : (CAra Menghindari Komplikasi Diabetes)

•    Pastikan membeli telur yang masih baru/fresh

Pastikan membeli telur yang masih bari/fresh (bisa diperiksa di tanda kadaluarsanya). Namun jika membeli telur di toko yang tidak ada tanda kadaluarsanya, maka Anda bisa menyimpannya selama tidak lebih dari satu bulan. (dengan catatan, telur disimpan dengan benar). (Penyebab Penyakit Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya)

•    Bersihkan cangkang dari kotoran

Sebelum menyimpan telur ke dalam kulkas, pastikan cuci bersih cangkangnya dari kotoran yang menempel. Kotoran tersebut mengandung bakteri salmonella yang dapat mengontaminasi telur dan juga stock makanan lain dalam kulkas. Setelah dicuci bersih, lap dengan kain kering barulah disimpan. (Rahasia Langsingkan Tubuh dengan Kurma)

•    Masukkan telur ke dalam tray atau karton

Setelah dicuci dan dilap hingga kering, Anda bisa memasukkan telur kedalam tray khusus kulkas (biasanya tertutup) atau didalam kardus, karena lebih terhindari dari benturan yang membuat cangkang telur retak. Selain itu tray/karton bisa menyerap lembab dan memberikan sirkulasi udara dengan baik terhadap telur.

•    Jangan simpan telur pada pintu kulkas

Meskipun pada pintu kulkas terdapat rak khusus tempat telur, namun bukan berarti merupakan tempat yang aman dan baik untuk telur. Sebaiknya simpan telur di dalam kulkas, karena telur akan terkena udara dingin kulkas sehingga lebih tahan lama. Selain itu, dalam suhu di bawah 20 derajat celcius, telur akan terbebas dari serangan bakteri salmonella yang membahayakan keluarga Anda.
Selain menyimpan telur didalam kulkas, Anda juga bisa menyimpan telur dalam suhu ruangan. Namun jika ingin menyimpan telur pada suhu ruangan, pastikan stock telur Anda sudah habis sebelum tujuh hari agar kesegaran dan nutrisi telur yang Anda masak tetap terjaga. Semoga informasi yang berjudul Tips Cerdas Menyimpan Telur Agar Awet dan Nutrisinya Terjaga diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »