sss

Cara Memilih, Menyimpan dan Mengolah Sayuran Agar Tetap Hijau dan Segar

Sumber gambar/blogdetik
Sayuran merupakan bahan makanan yang wajib dikonsumsi, karena kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Jenis sayuran sangat beragam dan bisa dikelompokkan berdasarkan warna dan bentuknya, misalnya sayuran berdaun hijau, sayuran warna lainnya (merah, kuning, putih, ungu, dan lain-lain), umbi-umbian, sayuran bunga, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Apapun jenisnya, pada umumnya semua sayuran memiliki kelebihan gizi dan bermanfaat untuk kesehatan. (Dampak ibu bekerja terhadap anak-anaknya)
Mungkin sebagian dari Anda masih belum menyadari pentingnya sayuran bagi tubuh kita, untuk itu simak beberapa keistimewaan sayuran, yang diantaranya : banyak gizi namun rendah lemak, sumber antioksidan, sumber serat, kaya vitamin, mineral penting dan khusus sayuran hijau mengandung klorofil yang baik untuk kesehatan. Memahami pentingnya sayuran untuk kesehatan, maka disini Dapuronlineku akan membagikan tips memilih, menyimpan dan mengolah sayuran agar tetap hijau. (CAra mendapatkan dollar dari blogspot)

Tips memilih sayuran hijau yang baik dan segar

Untuk mendapatkan sayuran yang baik dan segar, kita tentu harus jeli dalam memilih. Simak tips-tips yang harus diperhatikan sebelum memilih sayuran berikut ini :
  • Untuk sayuran berdaun, maka pilihlah yang warnanya segar dan cerah, tidak apa-apa jika mendapati daun berlubang kecil-kecil bekas dimakan ulat, karena tandanya sayuran sehat bebas dari peptisida, dan hindari  memilih sayuran yang daunnya layu, kusam dan menguning
  • Jika sayuran buah, pilihlah yang berwarna cerah, tidak keriput, tidak busuk, tidak berlubang, dan tidak memar
  • Memilih sayur kacang-kacangan, yakni : berwarna hijau tua, muda, tidak berlubang, tidak berlendir, tidak layu/keriput, dan tidak busuk.
  • Untuk sayuran berbentuk umbi, maka pilih yang kulitnya mulus, tidak memar, tidak tergores, dan tidak busuk.
  • Sayuran berbentuk bunga, maka : pilihlah yang berwarna cerah, bentuknya utuh, tidak layu, tidak berulat, dan tidak terdapat lubang/bintik-bintik.

Tips menyimpan sayuran agar awet dan segar lebih lama

Penyimpanan sayur yang tepat akan membuat sayur lebih awet, tidak mudah busuk, menguning dan layu. Berikut beberapa tip untuk menyimpan sayuran agar bisa disimpan lebih lama:
  • Pisahkan sesuai jenisnya, msialnya : sayuran daun jangan dicampur dengan sayur jenis buah, dan lainnya.
  • Hindari mencuci sayuran, terutama yang berbentuk umbi akar (kentang, wortel, bawang) karena kondisi basah akan membuatnya cepat busuk.
  • Untuk sayuran hijau, Anda boleh mencucinya dengan air dingin, kemudian keringkan dengan cara memasukkan spons/busa bersih untuk menyerap air yang menempel pada sayuran, baru dech disimpan diwadah dan dimasukkan ke kulkas.
  • Hindari memotong tangkai sayuran, karena akan membuatnya cepat layu dan membusuk
    Buanglah bagian sayur yang busuk agar tidak menular pada bagian yang lainnya
    Pastikan menyimpan sayuran di tempat yang sejuk dan kering

Tips Memasak sayuran agar tetap hijau

Mempertahankan warna sayuran tetap hijau segar setelah dimasak tidaklah mudah, karena biasanya sayur akan berubah warna menjadi kecoklatan dan tidak segar. Nah, simak tips memasak sayuran agar tetap hijau, yakni :
  • Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan garam secukupnya, baru dech masukkan sayuran dan masak hingga matang seperti biasa
  • Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan air perasan jeruk nipis pada bilasan terakhir. Kemudian masak sayuran dengan cepat dan jangan terlalu matang.
  • Agar sayuran lebih hijau dan segar, maka Anda bisa menggunakan  cara pertama, yakni dengan menambahkan garam. Kemudian setelah sayur setengah matang, Anda bisa memasukkan sayuran kedalam air es hingga dingin, baru ditiriskan. Cara ini dipercaya mampu menghentikan proses pemasakan sehingga sayur tidak hanya berwarna hijau, tapi juga terlihat lebih segar.
Okey dech, saya rasa cukup sekian yaa penjelasannya, semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »