sss

Masak Bikin Boros? Ini Trik Menghemat Biaya Masak Sehari-Hari

DapurOnlineku - Niatnya masak sendiri biar lebih hemat, tapi kok jadi makin boros, kira-kira apa yang salah ya? Dibandingkan membeli, memasak sendiri harusnya lebih menyehatkan dan pastinya bisa menghemat uang belanja. Namun karena kurangnya perencanaan yang matang dalam mengelola uang belanja di dapur sehingga membuat pengeluaran makin membengkak. Pusing? Jelas saja, apalagi saat ini biaya kebutuhan pokok makin membengkak sehingga para ibu harus pintar-pintar mengatur biaya masak sehari-hari agar bisa tetap menyiapkan makanan enak bergizi untuk keluarga tanpa harus nombok.  Rahasia dan Cara Membuat Cuko Pempek Enak, Kental dan Segar Khas Palembang
tips masak hemat/netz.id
Hem, agar biaya masak tidak membengkak, simak trik menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari, berikut ini : Resep dan Cara Membuat Sambal Jantung Pisang Atau Onthong

Belanja kebutuhan dapur di pasar tradisional

Dibandingkan swalayan, pasar tradisional lebih menyediakan aneka kebutuhan dapur Anda dari mulai bumbu, ikan, sayuran, buah, beras dan lainnya. Bahkan harganya juga jauh lebih murah karena kebanyakan pedagangnya adalah para petani langsung.

Tidak perlu menyetok bahan baku terlalu banyak

Beli bahan-bahan yang dibutuhkan dalam jangka waktu setidaknya seminggu saja. Jangan terlalu banyak, karena sangat disayangnya jika terbuang karena kedaluarsa/tidak layak pakai lagi. Tapi jika terpaksa harus menyetok, pastikan simpan dnegan baik bahan tersebut agar tidak rusak.

Hindari membeli bumbu jadi

Membeli bumbu jadi/instan memang lebih praktis, tapi jika dihitung-hitung justru lebih boros. Solusinya adalah meracik bumbu sendiri, karena selain lebih hemat juga lebih lezat dan sehat karena kita sendiri bisa memilih bahan-bahan terbaik serta memproses secara higienis.

Pilih masakan yang praktis

Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu di dapur, maka pilih menu masakan yang praktis, mislanya : sayur bening, tumisan, sambelan, dan lainnya.  Selain tidka menyita waktu, menu praktis juga tidak membutuhkan banyak bumbu sehingga dijamin lebih hemat.

Pilih makanan yang tidak mudah basi

Pilih masakan yang tak sekedar enak, tapi juga tahan lama dan tidak mudah basi sehingga bisa bertahan hingga esok, misalnya : kering tempe, serundeng, dan lainnya.  Sayang sekali jika makanan buatan Anda harus terbuang gara-gara basi. Maunya hemat tambah boros, dong.

Hindari membuat masakan yang prosesnya lama

Masakan yang prosesnya lama dapat menghabiskan elpiji, bukan? Maka itu, lakukan seekali saja dan jangan terlalu sering yaa! Kalaupun terpaksa lagi kepengen makanan tersebut, alangkah baiknya jika Anda membeli saja di rumah makan terdekat.

Cerdas mengkombinasikan menu

Agar tidak mubadzir, pastikan susun menu keseharian untuk keluarga. Kombinasikan menu sesuai selera keluarga yaa. Tapi tetap ingat! Jangan memaksakan untuk memenuhi semua keinginan keluarga, karena membuat anggaran belanja Anda jadi membengkak. Komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga agar mereka bisa komitmen menerima list menu yang sudah disusun bersama.
Semoga dnegan tips diatas, Anda lebih bisa menghemat uang belanja untuk dpaur dan pastinya bisa lebih banyak menabung untuk masa depan.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »