sss

Tips dan Cara Agar Nasi di Rice Cooker Tidak Lengket dan Kering

Ibu sering merasa kesal karena nasi yang sudah di masak menggunakan magic com jadi lengket dan kering? Nasi lengket dan kering menjadi salah satu problema yang sering dihadapi para ibu. Bagaimana tidak, kondisi tersebut seringkali membuat anak-anak mogok makan. Sayang sekali bukan, jika beras yang sudah susah payah di masak harus berakhir di tempat sampah atau jadi makanan ayam. Sebenarnya masak nasi di magic com sangatlah mudah dan praktis, hanya saja karena beberapa kesalahan kecil sehingga hasilnya sangat jauh dari apa yang diharapkan.

Nah, dalam menghadapi masalah nasi lengket dan kering ini, kita akan membagikan beberapa solusi yang mudah dan sederhana, diantaranya :

•    Masak nasi sesuai takaran

Agar hasil masakan tepat dan sesuai yang diinginkan, pastikan masak beras sesuai takarannya, yakni 2 : 1 untuk beras dan airnya. Terlalu banyak airnya akan membuat hasil masakan jadi lembek dan lengket, sebaliknya kekurangan air akan membuat tekstur nasi jadi kasar dan kering.

•    Tutup rapat rice cooker

Menutup rice cooker dengan rapat dapat mencegah nasi menjadi kering. Selain itu, udara yang masuk ke magic com dapat memicu nasi jadi mudah basi.

•    Tambahkan air perasan lemon

Menambahkan air perasan lemon saat memasak dapat menambah aroma wangi dan mempertahankan warna nasi menjadi putih bersih atau tidak mudah kuning.

•    Aduk merata setelah matang

Setelah nasi matang, segera aduk nasi agar uap air yang terdapat pada sela-sela nasi bisa merata. Hal inilah yang membantu mencegah nasi mengering.

•    Tambahkan minyak zaitun

Agar tekstur beras tetap lembab dan tidak kering, Anda bisa menambahkan minyak zaitun ketika memasak. Cara ini juga mencegah nasi lengket di pinggran magic com loh..

•    Setelan yang tepat

Kalau magic com Anda memiliki setelan untuk memilih nasi pulen/pera, Anda bisa memanfaatkannya. Caranya cukup arahkan tombol sesuai hasil nasi yang diinginkan, beres dech…
Dengan menerapkan tips dan trik sederhana diatas, dijamin nasi yang dihasilkan akan lebih pulen, lembut dan lezat. Jadi, ibu tidak perlu cemas lagi dengan masalah nasi kering atau lengket lagi, bukan? Semoga bermanfaat!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »