sss

Delapan Cara Membuat Nugget yang Enak dan Sehat

Nugget termasuk salah satu lauk yang digemari anak-anak. Tidak hanya lezat bergizi, tapi nugget biasa disajikan dalam bentuk yang beragam sehingga membuat anak-anak tertarik. Nugget bisa dibuat dari beberapa bahan pilihan, dari mulai ayam, seafood, sayur, jamur dan lainnya. Sebenarnya membuat nugget sangat mudah, namun sayangnya seringkali nugget yang dibuat tidak bisa sempurna sebagaimana nugget yang dijual di supermarket. 

Nah, agar nugget buatan Anda bisa lebih enak dan sehat, simak tips dan trik membuat nugget berikut ini :

Pilih daging ayam yang tepat

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat membuat nugget ayam, diantaranya :
Tahukah Anda jika tidka semua bagian dari daging ayam bisa dibuat nugget. Yang paling lezat adalah bagian paha, karena membuat nugget buatan Anda jadi lebih gurih. Meski kulit membuat rasa nugget lebih gurih, namun hindari jumlah yang berlebihan karena hanya membuat penampilan nugget jadi keriput.

Perhatikan penggunaan tepung

Untuk tepung, pastikan jangan berlebihan karena hanya membuat teksturnya jadi keras dan tidak lembut. Gunakan tepung 10-20 % saja dari jumlah daging, namun lebih baik jika Anda gunakan tepung roti halus saja untuk adonan.

Tambahkan sayuran

Jika Anda berniat menambahkan sayuran, maka pilihlah sayuran yang pas untuk nugget, misalnya : bayam, brokoli, wortel, dan lainnya. Cincang sayuran hingga lembut, kemudian campurkan dalam adonan nugget.

Untuk nugget seafood, perhatikan tips ini      

Jika Anda ingin membuat nugget ikan, Anda bisa langsung membuatnya tanpa campuran daging lainnya. Namun khusus untuk nugget udang dan cumi, Anda bisa menambahkan daging atam atau daging ikan agar jumlah tepungnya tidak berlebihan.

Uleni adonan yang tepat

Sebelum dicampurkan, apstikan daging dalam kondisi dingin agar tekstur nugget renyah. Uleni daging menggunakan tangan atau mixer dalam waktu lama. Dan agar tekstur nugget tidak keras, hentikan proses menguleni ketika tepung sudha dicampurkan.

Kukus nugget

Setelah diuleni, Anda bisa memasukkan adonan dalam Loyang dan kukus dnegan api sedang.      Pengukusan nugget harus di atas api sedang, jangan di atas api besar atau api kecil. Penggunaan api besar akan membuat nugget keriput, sementara api kecil akan membuat tekstur nugget menjadi keras.

Beri tepung panir

Pemberian tepung panir ini sangat menentukan penampilan nugget buatan Anda. Pilih tepung panir sesuai selera, misalnya : panir kasar yang buat tekstur nugget jadi renyah, panir halus yang membuat paniran lebih merata dan panir oranye yang membuat penampilan nugget lebih menarik, atau bisa juga Anda menggabungkan ketiganya. Agar penampilan nugget Anda bisa sempurna, lakukan cara ini : gulingkan irisan nugget pada tepung panir, lalu celupkan dalam putih telur, kemudian gulingkan lagi dalam tepung panir.

Penyimpanan nugget agar awet

Sebelum dibekukan, Anda bisa menggoreng nugget setengah matang. Cara ini membuat panir tidak mudah rontok dan nugget juga lebih tahan lama. Setelah dingin, And absia mengemas nugget dan menyimpannya dalam wadah tertutup.
Dengan Delapan Cara Membuat Nugget yang Enak dan Sehat diatas, pastinya acara membuat nugget untuk anak-anak akan menajdi lebih menyenangkan. Selamat memasak!
Loading...
loading...
Previous
Next Post »