sss

10 Kreasi Lauk dan Sayuran Enak Bergizi Saat Tanggal Tua

Jika ditanyakan mana yang lebih Anda sukai antara tanggal tua dan muda? Pasti kebanyakan orang akan memilih tanggal muda, karena dompet masih tebal sehingga bisa belanja atau makan apa saja yang disuka. Sebaliknya saat tanggal tua tiba, seseorang harus lebih berhemat dalam hal apapun sampai tiba waktunya gajian datang. Bagi para ibu, tanggal tua membuatnya harus lebih pandai memutar otak agar dapur tetap ngebul. Meski harus ekstra hemat, tapi bukan berarti ibu bisa menghidangkan makanan sembarangan untuk keluarga tercinta. Pastikan pilih maknaan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga. Kira-kira adakah makanan yang harganya murah meriah tapi tetap sehat bergizi?

Tidak perlu cemas dengan tanggal tua, karena disini kita akan membagikan 10 kreasi lauk dan sayuran enak bergizi yang bisa disajikan saat tanggal tua. Apa sajakah itu? Simak 10 Kreasi Lauk dan Sayuran Enak Bergizi Saat Tanggal Tua ala Dapuronlineku, berikut ini :

1.    Omelet mie sayuran

Bosan makan dengan telur ceplok atau telur dadar melulu? Tidak perlu cemas, karena Anda bisa mengkombinasikan telur dengan mie dan sayuran. Selain lebih nikmat, omelet mie sayuran juga lebih sehat dan bergizi. Cara membuatnya cukup rebus mie telur, lalu sisihkan. Cacah kubis dan bawang pre tipis-tipis, lalu campurkan dalam mie dan telur. Tambahkan garam dan merica, lalu kocok hingga rata. Goreng dalam minyak hingga matang dan omelet mie sayuran siap disajikan bersama saus atau sambal favorit Anda.

2.    Sayur dan lauk kukus

Stock minyak goreng menipis? Tidak perlu cemas, karena Anda bisa menyiasatinya dengan aneka menu sayur dan lauk kukus, misalnya : sayuran, tahu dan telur kukus. Agar lebih nendang, Anda bisa menambahkan sambal terasi atau sambal pecel. Dijamin menu sederhana ini buat nafsu makanmu semakin meningkat meski tanggal tua.

3.    Urap-urap sayur dan ikan asin

Urap-urap sayur termasuk masakan yang ekstra simple, praktis dan enak. Selain itu bahannya juga sangat murah meriah, karena cukup sayuran, sedikit kelapa muda, dan beberapa bumbu sederhana. Agar lebih mantap, Anda bisa menambahkan ikan asin goreng tepung yang lezat.

4.    Rendang, Soto, dan lainnya

Meski tanggal tua, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati olahan berbumbu tebal, seperti rendang, soto, bali, kare, dan lainnya. Nah, agar lebih ramah di kantong Anda yang tipis, sebaiknya ganti daging dengan tempe, tahu atau telur. Dijamin rasanya tetap nikmat kok he he he…

5.    Aneka olahan ceker

Ceker termasuk bagian ayam yang paling murah meriah. Meski begitu ceker memiliki rasa yang enak loh, apalagi jika dipadukan dnegan bumbu pilihan, seperti : kare, balado, semur, sup, dan lainnya. Jadi, ceker ini bisa menjadi alternative lauk yang enak dan bergizi saat tanggal tua.

6.    Aneka olahan pepes

Pepes juga bisa menjadi alternative lauk yang sehat bergizi saat tanggal tua, terutama saat stock minyak goreng menipis. Anda bisa membuat pepes dari bahan yang murah meriah, dari mulai tahu, tempe, sayuran, ikan asin, jamur, atau yang lainnya.

7.    Aneka sambelan bergizi

Bagi penyuka masakan pedas, aneka sambelan bisa menjadi alternative lauk bergizi saat tanggal tua tiba. Beberapa jenis sambelan yang enak bergizi, antara lain : sambal terung, sambal kangkung, sambal teri, sambal udang, sambal telur dan lainnya. Jika masih ingin lauk, Anda cukup menambahkan tahu atau tempe goring saja pasti sudah nikmat.

8.    Aneka nugget murah meriah

Nugget tidak harus dibuat dari bahan yang mahal seperti ayam, udang, ikan dan lainnya. Pada saat tanggal tua, Anda tetap bisa menikmati aneka nugget yang nikmat dan murah meriah, diantaranya : nugget tempe, nugget tahu, nugget ikan asin, atau bisa juga nugget ala orang jawa, seperti lentho, dadar jagung, bakwan sayur, menjeng, dan lainnya. Lauk seperti ini akan lebih nikmat jika ditambah sayur bening bayam.

9.     Aneka tumis sayuran

Tumisan tidak hanya sehat dikonsumsi, tapi juga bisa menjadi alternative yang menyehatkan kantong saat tanggal tua. Anda bisa membuat tumis sayuran yang sederhana namun bergizi, diantaranya : tumis udang sayuran, tumis bihun ayam suwir, tumis kangkung ikan asin, dan lainnya.

10.    Aneka sup sehat bergizi

Sup bisa juga menjadi alternative lauk enak dan sehat saat tangal tua. Adapun sup yang bisa Anda pilih agar tetap hemat dan keluarga bsia tetap makan enak, yakni : sup macaroni, sup jamur, sup kacang merah, sup bola-bola tahu, sup ceker, dan lainnya.
Semoga informasi yang berjudul 10 Kreasi Lauk dan Sayuran Enak Bergizi Saat Tanggal Tua diatas dapat menginspirasi Anda semua, terutama dalam situasi yang genting. So, tetap semangat memasak meski tanggal tua ya, Mom!

Loading...
loading...
Previous
Next Post »