sss

Sepuluh Resep Olahan Ayam Kampung yang Nikmat

Ayam kampung enaknya diolah menjadi masakan apa ya? Banyak orang merasa bingung memilih menu olahan ayam kampung yang nikmat dan menggugah selera. Hal itu tidaklah mengherankan, karena meski memiliki citarasa yang special, namun ayam kampung membutuhkan perlakuan khusus agar hasilnya bisa empuk dan tidak keras atau alot. Namun hal itu bukanlah masalah yang perlu dirisaukan, karena dengan trik khusus, ayam kampung bisa dimasak menjadi aneka hidangan yang empuk dan sangat lezat.

Jika Anda sering merasa bingung ketika hendak masak ayam kampong, sebaiknya simak Sepuluh Resep Olahan Ayam Kampung yang Nikmat, berikut ini :

1.    Kare ayam

Dibandingkan ayam broiler, ayam kampang memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat saat dipadukan dengan bumu rempah dan santan sebagaimana dalam masakan kare ayam. Sebelum dimasak, pastikan rebus terlebih dulu ayam agar teksturnya lebih lembut dan empuk. Selain kare, ada menu ayam kampung yang menggunakan kuah santan, yakni Opor ayam. Antara opor dan kare hampir memiliki kesamaan, baik dalam citarasa maupun penampilan. (Resep dan cara membuat Opor ayam)

2.    Sop ayam

Sop ayam termasuk menu yang banyak difavoritkan oleh semua kalangan. Kaldu ayam yang berpadu dengan sayuran mampu menghadirkan citarasa tersendiri bagi penikmatnya. Anda bisa memilih bagian mana yang difavoritkan dari ayam, misalnya : paha, jerohan, kepala, ceker atau yang lainnya. (Resep dan Cara membuat Soto ayam yang Segar dan nikmat)

3.    Ayam masak pedas

Bagi pecinta masakan pedas, menu kali ini dijamin bisa memuaskan lidah Anda. Ayam masak pedas dibuat dengan cara merebus ayam hingga empuk, kemudian goreng hingga kering. Baru setelah itu, Anda bisa membumbuinya dengan bumbu pedas sesuai selera.

4.    Ayam goreng rempah

Meski memiliki tekstur yang agak keras, namun ayam kampung juga bisa diolah menjadi ayam goreng yang nikmat dan empuk. Caranya tentu dengan mengukep ayam dengan bumbu rempah atau menggunakan panci presto. Setelah itu, barulah ayam bisa digoreng hingga kering dan matang.

5.    Ayam bakar

Ayam bakar paling nikmat jika bahan utamanya adalah ayam kampung, karena citarasanya lebih gurih dan kesat. Tinggal pilih bumbu apa yang menjadi favorit Anda, misalnya : ayam bakar kecap, ayam bakar taliwang, ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar kacang atau yang lainnya.

6.    Ayam goreng kremes

Ternyata tidak hanya ayam gorengrempah, karena ayam kampung juga nikmat jika diolah menjadi ayam goreng kremes. Kremesan yang kriuk dijamin akan lebih menggoda ketika dibuat dari perpaduan tepung beras dan kaldu ayam kampung.

7.    Ayam rica-rica

Bagi Anda pecinta pedas, Anda bisa mengolah ayam kampung dnegan bumbu pedas atau rica-rica. Gurihnya ayam yang dipadukan dnegan bumbu merah pedasnya dijamin akan membuat Anda semakin ketagihan.

8.    Rendang ayam

Rendang tidak hanya bisa dibuat dari daging sapi, karena ayam kampung juga nikmat diolah menjadi rendang. Perpaduan bumbu rempah dan santan kental akan menyatu dengan ayam sehingga menghasilnya aroma dan rasa yang mantab.

9.    Semur ayam

Bagi Anda pecinta masakan manis dan gurih, semur ayam bisa menjadi menu pilihan. Semur ayam dibuat dengan memadukan bumbu rempah yang sederhana dan kecap manis yang dimasak hingga meresap kuat kedalam ayam kampung sehingga rasanya pastilah lezat. Menu ayam kampung lainnya yang memiliki citarasa manis, yakni : ayam kecap.

10. Garang asem ayam

Garang asem ayam memiliki citarasa yang segar dan menggugah selera. Hampir mirip dnegan sup ayam, hanya saja pada garang asem ayam, Anda harus menambahkan belimbing wuluh sehingga rasanya snagat berwarna, antara gurih, asam dan lezat menggoda.
Selain menu diatas,masih banyak menu ayam kampung lainnya yang masih belum sempat kita bahas, misalnya : soto ayam, pepes ayam, ayam panggang, ayam kecap, dan lainnya. Setelah menyimak aneka menu olahan ayam diatas, pastilah Anda tidak bingung lagi ketika hendak masak ayam. Semoga informasi yang berjudul Sepuluh Resep Olahan Ayam Kampung yang Nikmat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : resepi gulai ayam kampung resepi ayam kampung bakar sup ayam kampung kandang ayam kampung ayam kampung komersial reban ayam kampung pakan ayam kampung cara beternak ayam kampung
Loading...
loading...
Previous
Next Post »