sss

Kenali Beragam Jenis Tepung dan Manfaatnya

DapurOnlineku - Jika Anda suka membuat Kue atau aneka hidangan lainnya, pasti tidak akan melewatkan penggunaan tepung sebagai bahan utamanya. Jenis tepung sangatlah banyak dan kegunaannya juga pasti berbeda antara satu dnegan lainnya. Bagi Anda yang baru belajar memasak, pengetahuan tentang beragam jenis tepung dan juga manfaatnya sangat wajib dipelajari agar tidak sampai salah pilih. Dengan mengenal dan memahami manfaat tepung, maka hidangan yang Anda buat pasti akan lebih bervariasi, teksturnya sesuai keinginan dan pastinya rasanya lebih sempurna.
Ingin tahu, apa saja jenis tepung dan manfaatnya? Simak langsung informasinya berikut ini :

1.     Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk jenis tepung yang cukup populer, karena banyak dipilih sebagai bahan utama kue, cake, atau beragam makanan lainnya. Tepung terigu dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:
•    Tepung Terigu Protein Rendah, yakni yang memiliki kadar gluten sekitar 8-11% dari gandum lunak. Terigu jenis ini memiliki ciri-ciri, antara lain : daya serap air dan juga kadar gulanya rendah. Terigu jenis ini jika dibuat adonan tidak lunak dan lumayan sulit diuleni. Manfaatnya untuk membuat kue kering, pastel, gorengan dan bakpau.
•    Tepung Terigu Protein Sedang atau yang biasa disebut sebagai all purpose flour, yakni memiliki kadar gluten sekitar 12%. Terigu jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat adonan donat, cake, bapel, adonan fermentasi, dan lainnya.
•    Tepung Terigu Protein Tinggi atau yang disebut bread flour, yakni yang memiliki kadar gluten minimal 13% dan terbuat dari gandum yang teksturnya keras. Ciri-ciri terigu jenis ini adalah memiliki daya serap tinggi, mudah digiling dan elastis. Manfaat terigu jenis ini adalah untuk dibuat roti dan mie.

2.    Tepung Maizena atau Pati Jagung

Tepung maizena terbuat dari sari pati jagung. Manfaatnya sendiri adalah untuk bahan pengental sup, saus, susu, perenyah kue kering, bakso, melembutkan cake. Biasanya penggunaan tepung jagung pada makanan tidak terlalu banyak, karena jika berlebihan dapat menyebabkan kue cepat berjamur.

3.    Tepung Tapioka/Kanji/Aci

Tepung tapioca atau kanji merupakan tepung yang dibuat dari sari pati singkong/ubi kayu. Manfaatnya untuk dibuat sebagai kerupuk, cake, cireng, campuran gorengan, dan lainnya.

4.    Tepung Panir

Tepung panir biasanya terbuat dari remahan roti yang memiliki tekstur kasar. Manfaatnya sendiri adalah untuk membuat makanan menjadi renyah dan penampilannya terlihat lebih crispy, misalnya : udang goreng, nugget, kroket, dan lainnya.

5.    Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe dibuat dari saripati kacang hijau. Manfaatnya sendiri biasanya untuk bahan kue, misalnya : nagasari, cendol, cantik manis, bahkan bisa juga dicampurkan pada gorengan agar lebih renyah.

6.    Tepung Sagu

Tepung sagu dibuat dari bahan saripati batang tanaman sagu. Manfaatnya sendiri hampir mirip seperti tepung kanji, bahkan bisa saling menggantikan satu sama lainnya. Tepung sagu biasa dimanfaatkan untuk pembuatan kue kering, dawet, bika ambon dan lainnya.

7.    Tepung Beras

Tepung yang terbuat dari bahan beras. Manfaatnya untuk pembuatan kue tradisional, rempeyek, bihun atau pelapis gorengan.

8.    Tepung Ketan

Tepung ketan dibuat dari ketan putih yang memiliki tekstur lebih kenyal dibandingkan tepung beras. Biasanya dimanfaatkan sebagai bahan kue lapis, cake dan aneka kue lainnya.
Hem, setelah mengenal aneka jenis tepung, sudah saatnya kita berkreasi membuat aneka hidangan yang lezat untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat yaaa…
Baca Artikel Keren Lainnya
5 Trik masak Spaghetti yang Wajib Anda Tahu
Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Cantik, Empuk, dan Tidak Pahit
Tips dan cara Mudah Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker
Tips Memasak Ayam Kampung Lebih Cepat Empuk dan Nikmat
Tips Memilih dan Menyimpan Tempe yang Benar dan Sehat
Loading...
loading...
Previous
Next Post »