sss

Cara Masak Bihun Agar Tidak Hancur atau Lembek Saat Di masak

DapurOnlineku - Selain Mie, bihun termasuk bahan yang bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat dan menyenangkan. Selain itu, bihun juga bisa dibuat sebagai isian dari beberapa cemilan, mislanya : tahu isi, martabak mie, pastel, dan lainnya. Memasak bihun bisa dibilang gampang-gampang susah, oleh karena itu, dibutuhkan trik yang tepat agar hasilnya pas, yakni : tidak terlalu lembek, menggumpal, atau hancur. Pengolahan yang tepat akan membuat penampilan bihun lebih menarik dan juga nikmat rasanya.
Bisa dibayangkan, betapa kecewa dan traumanya ketika Anda sudah repot memasak bihun, eh hasilnya malah tidak sesuai harapan.  Tapi jangan khawatir, karena disini kita akan membagikan cara mengolah Bihun agar hasilnya menarik dan juga rasanya lebih nikmat. Penasaran? Simak saja langsung Cara Masak Bihun Agar Tidak Hancur atau Lembek Saat Di masak, berikut ini :

•    Pilih Bihun yang berkualitas baik

Kunci utama masak bihun yang pas dan tidak hancur/lembek adalah dengan memperhatikan kualitas bihun yang akan kita masak. Pastikan pilih jenis bihun yang tidak mudah hancur atau lembek, misalnya : warnanya bersih, bentuknya utuh/tidak remuk, tidak kadaluarsa, dan lainnya.

•    Hindari merebus atau merendam pada air panas

Sebelum masak bihun, kebanyakan dari mereka memilih merebus atau merendam bihun dalam air panas. Hal ini yang membuat penampilan bihun jadi kurang menarik, misalnya : terlalu lembek atau hancur. Untuk mengatasinya, Anda cukup merendam bihun pada air hangat. Meskipun lama, namun cara ini sangat efektif membuat penampilan dan rasa bihun olahan Anda jadi lebih istimewa.

•    Masak dengan api sedang

Setelah proses perendaman, Anda bisa memasak bihun sesuai selera. Pastikan masak bihun dengan api sedang agar hasilnya tidak terlalu lembek atau hancur. Masak dnegan api besar bisa juga memicu gosong atau lengket.

•    Masukkan bihun di sesi terakhir

Memasukkan bihun pada sesi terakhir memasak akan membantu mempertahankan penampilan alami bihun yang menarik. Jadi, Anda bisa memasukkan bumbu dan sayuran terlebih dulu hingga sayuran empuk, barulah bihun bisa dimasukkan saat terakhir.

•    Pastikan tidak terlalu sering mengaduk bihun

Saat masak bihun, pastikan hindari terlalu sering mengaduk, karena hal ini dapat menyebabkan bihun hancur. Aduk sesekali dan biarkan bihun meresap kedalam bumbu.
Ternyata untuk mendapatkan hasil olahan bihun yang menarik penampilan dan juga rasanya tidaklah sesulit yang dibayangkan ya. Semoga informasi yang berjudul Cara Masak Bihun Agar Tidak Hancur atau Lembek Saat Di masak diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Cantik, Empuk, dan Tidak Pahit
Tips dan Trik Memasak Jengkol yang Empuk dan Tidak Bau
Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Cara Mudah Membuat Bubur Sumsum yang Lembut dan Kenyal
Tips Cerdas Menyimpan dan Hangatkan Makanan Agar Tidak Jadi Racun
Loading...
loading...
Previous
Next Post »