sss

Tips dan cara Mudah Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker

DapurOnlineku - Selain nasi kuning, di Indonesia ini kita bisa menemukan beberapa jenis nasi yang memiliki citarasa yang istimewa, salah satunya : nasi Uduk. Nasi uduk berasal dari Betawi, makanan ini bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat.  Karena itu, tak mengherankan jika kita bisa menemukan makanan ini dengan mudah, baik di warung, rumah makan atau penjual lauk matengan di pinggir jalan. Berbeda dengan nasi kuning, nasi uduk memiliki warna yang putih, namun untuk rasanya bisa dibilang sama gurihnya karena dibuat dari perpaduan rempah-rempah pilihan. Citarasa yang enak dari nasi uduk akan semakin mantap jika dilengkapi dengan lauk pauk pilihan, diantaranya : telur dadar, tahu goreng, ayam goreng, perkedel, sambal  goreng, dan sambal. Membuat nasi uduk bisa dilakukan dnegan mudah, baik secara manual maupun menggunakan Rice Cooker.
Nah, jika Anda termasuk penggemar nasi uduk, kenapa tidak coba membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu bagaimana rahasia nikmat membuat Nasi uduk? Simak langsung tips dan cara membuat Nasi Uduk yang nikmat berikut ini :

Siapkan beras yang berkualitas

Memilih beras untuk diolah menjadi nasi uduk wajib dilakukan agar hasilnya lebih sempurna. Pilih beras yang pulen agar hasilnya lebih lembut dan enak dinikmati.

Siapkan bumbu pilihan

Selain beras, Anda juga wajib menyiapkan bumbu rempah pilihan, misalnya : daun salam, serai, santan, kayu manis, cengkih, pandan, dan lain sebagainya. Pemilihan bumbu yang lengkap akan membuat nasi uduk buatan Anda tidak sekedar gurih dan nikmat, tapi aromanya akan sangat menggoda.

Pencampuran bumbu dan beras yang tepat

Jika Anda memasak nasi uduk dengan cara manual, maka Anda bisa memasak beras bersama bumbu rempah dan santan dalam api kecil sebelum nantinya di kukus. Namun jika Anda menggunakan rice cooker, maka proses pencampuran bisa dilakukan sebelum Anda menyalakan rice cooker. Aduk-aduk hingga beras bercampur dengan bumbu. Pengadukan bisa dilakukan kembali setelah 20 menit setelah rice cooker dinyalakan.

Bahan pelengkap

Agar penampilan nasi uduk semakin mantab, Anda bisa menyajikan bersama bawang goreng dan lauk pauk pilihan, misalnya : ayam goreng, sambal goreng, tahu, dan sambal kacang yang khas.

Resep Nasi uduk yang Gurih dan Nikmat

Bahan-bahan yang dibutuhkan  :

•    500 gr beras, dicuci bersih
•    1000 ml santan kekentalan sedang
•    3 batang sereh dimemarkan
•    2 lembar daun salam
•    1 sdm merica bubuk
•    2 sdt garam
•    2 biji cengkeh
•    1,5 cm kayu manis
•    2 lbr daun pandan

Pelengkap :

  •  Ayam goreng tepung
  •  Bihun goreng
  •  perkedel kentang
  • Sambal goreng
  • Telur dadar tipis, diris halus
  • Bawang goreng, taburkan bagian atas nasi
  • Kerupuk udang
  • sambal kacang

Cara membuat Nasi uduk :

1.    Campurkan santan bersama daun salam, sereh, cengkeh, kayu manis, dan merica bubuk. Rebus dengan api kecil hingga mendidih.
2.    Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, masak dengan api kecil hingga air mengering dan santan meresap.
3.    Tambahkan garam, lalu aduk rata
4.    Panaskan panci pengukus, lalu masukkan nasi dan kukus hingga matang. Jangan lupa tambahkan pandan dalam panci pengukus agar nasi lebih beraroma.
5.    Nasi uduk siap disajikan dengan lauk pelengkap

Cara membuat nasi uduk menggunakan rice cooker

Untuk bahan dan bumbu, sama dnegan yang sudah disebutkan diatas. Hanya saja untuk caranya yang berbeda, karena cara ini bisa dibilang lebih praktis dan cepat.

Caranya :

1.    Setelah beras dicuci bersih, Anda bisa memasukkan ke dalam panci rice cooker.
2.    Tuang santan kental dan semua bumbu rempah pilihan termasuk garam. Aduk-aduk hingga merata.
3.    Setelah itu, Anda bisa menyalakan rice coker dan setelah 20 menit, Anda bisa mengaduknya kembali. Lalu tutup kembali dan biarkan nasi uduk matang.
4.    Untuk mendapatkan penampilan nasi uduk yang okey punya sebagaimana dimasak dalam panci pengukus, Anda bisa mengukusnya secara manual selama 10 menit.
5.    Nasi uduk yang mantap siap disajikan dengan lauk pelengkap.
Hem, ternyata membuat nasi uduk tidaklah sesulit yang dibayangkan bukan? Semoga informasi yang berjudul Tips dan cara Mudah Membuat Nasi Uduk dengan Rice Coker diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.



Baca Artikel Keren Lainnya
Rahasia Membuat Nasi Kuning yang Lengkap dan Nikmat
Rahasia Membuat Siomay Bandung Yang Nikmat
Tips Cerdas Menyimpan dan Hangatkan Makanan Agar Tidak Jadi Racun
Cara Mudah Membuat Lontong Cap Go Meh Enak dan Lengkap
Rahasia Membuat Kue Cubit yang Empuk dan Lumer di Mulut
Loading...
loading...
Previous
Next Post »