sss

Tips Cerdas Merawat Rice Cooker Agar Awet

Dapuronlineku-Rice cooker termasuk satu alat masak yang penting, karena memudahkan pekerjaan wanita dalam menanak nasi. Dengan rice cooker, menanak nasi jadi lebih praktis, cepat dan pastinya lebih efisien. Meski begitu, kita tidak bisa menggunakan suka-suka dalam menggunakan rice cooker, karena kesalahan kecil dapat membuat rice cooker cepat rusak dan tidak bisa digunakan  lagi. Rutin membersihkan dan merawat rice cooker akan membuatnya lebih awet dan berumur panjang. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat rice cooker dengan cara yang benar.
Hem, kira-kira, apa sajakah Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet? Agar lebih jelasnya, simak aja yang berikut ini :

•    Hindari mencuci beras menggunakan panci rice cooker

Seringkali kita menggunakan panci rice cooker untuk mencuci beras, padahal kebiasaan tersebut dapat mengikis lapisan anti lengket pada panci yang mengakibatkan nasi lengket.

•    Cabut Stop kontak, jika…..

Ketika tidak digunakan, jangan lupa mencabut stop contak ya. Jika Anda ingin membersihkannya, pastikan rice cooker dalam kondisi dingin.

•    Masak nasi sesuai kapasitas

Agar rice cooker Anda tidak cepat rusak, pastikan selalu memasak nasi sesuai takaran yang ada di petunjuk. Jangan berlebihan memasak nasi, karena akan membuat nasi susah matang, bahkan bisa meluber keluar yang membuat rice cooker rusak.

•    Selalu cek penampung uap air

Pastikan selalu mengecek penampung uap air dan membuang air yang ada didalamnya. Membiarkannya hingga berhari-hari akan menimbulkan bau tak sedap.

•    Cuci panci rice cooker dengan benar

Mencuci panci rice cooker harus hati-hati,  karena dapat membuat lapisan anti lengket terkelupas. Cara yang benar adalah : rendam panci dengan air hangat, diamkan hingga sisa nasi yang menempel melunak. Kemudian gunakan sponge untuk membersihkannya. Setelah itu, keringkan dengan kain lap.

•    Bersihkan body rice cooker

Selain bagian dalam, Anda juga wajib membersihkan bagian luar dari rice cooker. Caranya cukup gunakan lap basah untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel. Setelah itu, angina-anginkan agar bersih sempurna.
Dengan rutin merawat rice cooker, maka perabotan Anda yang satu ini akan lebih awet  dan tidak mudah rusak. Semoga informasi yang berjudul Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet  diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca artikel yang lainnya
7 Rahasia Agar Nasi Goreng Nikmat Sempurna
 Tips Masak Ayam kampung lebih cepat empuk dan nikmat
Resep Sambal Cabe Hijau Padang yang Nikmat dan Mudah
Awas! Selingkuh Meningkatkan Risiko 4 Penyakit Menakutkan Ini 
Loading...
loading...
Previous
Next Post »