sss

5 Rahasia Cara Membuat Pepes Ikan yang Nikmat dan Tidak Amis

Dapuronlineku -Pepes ikan termasuk masakan khas orang Indonesia yang seringkali membuat nafsu makan meningkat. Bagaimana tidak, Aroma khas daun pisang yang berpadu dengan bumbu rempah dan gurihnya daging ikan membuat menu yang satu ini cocok menjadi teman paling istimewa di segala suasana. Selain itu, ada satu keistimewaan dari pepes ikan yang tak banyak diketahui, yakni : proses memasak dengan cara dikukus membuat kandungan  gizinya  tetap terjaga  dan tidak hilang akibat proses pemasakan. 
Meskipun tahu banyaknya keistimewaan dari pepes, namun sayangnya banyak wanita enggan membuatnya.  Alasannya sich, karena ribet, tidak tahu  bumbunya, tidak tahu cara memasaknya, atau bisa memasak tapi hasilnya  kurang  sempurna karena ikan  amis dan tidak  nikmat. Hem, sebenarnya membuat pepes tidak sesulit yang dibayangkan loh. Tidak percaya, simak trik membuat pepes enak dan tidak amis serta contoh resep pepes yang nikmat dan mudah berikut ini  : (6 Jenis  Minyak yang Aman dan Sehat untuk Penderita Diabetes)

•    Pilih jenis ikan yang tepat dan segar

Agar citarasa pepes ikan lebih  nikmat dan  tidak amis. Pilih jenis ikan yang memiliki tekstur kering ketika dimasak, misalnya  : ikan  patin,  ikan  nila,  ikan bandeng,  ikan mas, dan lainnya.  Selain itu, pastikan Anda memilih  ikan yang masih segar. (Awas, Ini  5 Penyakit akibat Kipas Angin dan AC)

•    Bersihkan ikan 

Langkah pertama agar olahan pepes ikan tidak bau amis adalah pastikan Anda membuang kotoran, insang dan  juga sisik ikan. Setelah itu, cuci hingga bersih sebelum diolah menjadi  pepes yang nikmat. (Cara Alami dan AMpuh Usir Lalat di Musim Hujan)

•    Bumbu rempah yang  lengkap

Agar hasil olahan pepes Anda  makin mantap, pastikan  tambahkan  bumbu-bumbu rempah yang lengkap  dan pastinya banyak, karena kurang bumbu membuat rasa pepes kurang nikmat dan penampilannya pasti kurang menarik. (9 Buah Penurun Darah Tinggi)

•    Tambahkan bahan penghilang amis

Banyak bahan-bahan  yang  bisa membantu mengurangi atau  menghilangkan aroma amis ikan, misalnya kemangi, daun salam, daun jeruk,  dan lainnya. Dengan menambahkan  bahan tersebut dalam pepes, dijamin aroma pepes akan jauh lebih  menggoda. (Tujuh Tips Hilangkan Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal)

•    Bakar pepes Ikan

Meskipun pepes sudah matang setelah dikukus, namun untuk menambah citarasanya, Anda bisa membakar pepes dalam pemanggang atau Teflon. Hem, dijamin rasanya  bakal  lebih nendang  dech…(Kumpulan Resep Sambal Enak dan Menggugah Selera)

Contoh Resep Pepes yang Nikmat dan Menggugah Selera

Resep Pepes Ikan Kemangi

Bahan yang dibutuhkan :

3 ekor ikan mas
1 ikat daun kemangi segar
3 lbr daun salam
3 Tomat hijau, iris kasar
Daun pisang, jemur  sebentar agar layu
Tusuk gigi

Bumbu yang dihaluskan :

10 bh Bawang merah
5 bh Bawang putih
5 bh Cabai merah
6 bh  Cabai rawit (tergantung selera)
3 bh Kemiri
2 cm lengkuas
1 ruas jari kunyit
1 sendok teh garam
1 sdm Gula merah  sisir

Cara Membuat Pepes Ikan :

1.    Setelah ikan dibersihkan, lumurkan bumbu halus pada ikan, lalu diamkan.
2.    Siapkan panci pengukus, didihkan airnya.
3.    Capurkan daun kemangi dan tomat pada bumbu halus, aduk hingga  merata
4.    Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, berikan daun kemangi, tomat dan daun salam
5.    Masukkan ikan yang sudah dilumuri bumbu halus, kemudian berikan sisa bumbu diatasnya.
6.    Bungkus ikan dengan rapi dan sematkan bagian ujung dengan tusuk gigi
7.    Masukkan ikan ke dalam panci pengukus dan masak hingga matang
8.    Siapkan panggangan atau Teflon. Bakar pepes ikan hingga aromanya keluar, matikan api dan pepes siap disajikan
Loading...
loading...
Previous
Next Post »