sss

Cara Membuat Kreco Bumbu Serapah, Kudapan Khas Kota Surabaya

Dapuronlineku -Bagi warga di sekitar Surabaya dan Sidoarjo, olahan Kreco pasti bukan hal yang asing, karena kudapan yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di pedagang kaki lima. kedai-kedai maupun di restoran mentereng. Kreco sendiri termasuk salah satu keong air tawar yang biasa hidup di perairan dangkal. Kreco memiliki bentuk mirip keong sawah hanya saja lebih kecil dan warna cangkangnya hitam kehijauan. Meskipun terlihat sepele, namun ditangan ahlinya, kreco bisa disulap menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera, misalnya : sate kreco, Kreco masak balado, Kreco bumbu serapah dan lain sebagainya. Tidak hanya nikmat, ternyata Kreco mengandung banyak manfaat karena didalamnya terdapat  kandungan protein yang sangat tinggi, kalsium, fosfor, vitamin, dan  masih  banyak yang lainnya. Bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, dari mulai liver, kolesterol, maag, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.
Kreco bumbu serapah menjadi menu yang akan kita ulas kali ini, karena menu yang satu ini cukup banyak penggemarnya. Kreco bumbu serapah sangat nikmat karena dimasak bersama bumbu rempah pilihan dan kuah yang dicampur dengan kelapa parut. Cara menikmatinya, cukup disruput-sruput kuah yang ada dalam cangkangnya dan gunakan lidi atau tusuk gigi untuk  menikmati daging kreconya.
Untuk mendapatkan olahan kreco yang sehat dan nikmat, sebelum dimasak, Kreco harus dicuci berulang-ulang hingga lumut dan kotoran yang menempel hilang. Kemudian bagian ujungnya atau yang lanci dipotong untuk mengeluarkan kotorannya serta memudahkan bumbu meresap kedalamnya. Kemudian rebus kreco selama kurang lebih 1 jam dan buang air rebusan pertamannya. Kemudian dilakukan perebusan kedua bersama bumbu rempah pilihan. Hem… daripada penasaran, mending simak Resep Kreco Bumbu Serapah yang Nikmat berikut ini :

Bahan yang dibutuhkan  :

2 kg Kreco. Bersihkan
1 ltr Santan encer
250 gr Kelapa muda parut
4 lmbr salam
2  btg batang serai, geprek
Garam dan gula jawa secukupnya.
Bumbu  yang dihaluskan  :
10 bh bawang merah
8 siung bawang putih
8 bh Cabai merah
Cabai rawit sesuai selera
1 ruas kunyit
1 ruas jahe

Cara Memasak

1.    Setelah kreco dibersihkan dan diaas ujungnya, Anda bisa merebus kreco selama kurang lebih 1 jam, buang air rebusan pertamanya agar tidak bau  tanah.
2.    Rebus kembali dengan menambahkan air, kelapa parut dan bumbu halus. Masak hingga bumbu meresap
3.    Masukkan garam dan gula jawa, jangan lupa cicipi
4.    Tuang santan kelapa encer, masak hingga  mendidih dan aromanya harum.
5.    Kreco bumbu serapah yang nikmat siap disajikan
Hem, ternyata mengolah kreco menjadi hidangan yang lezat tidaklah serumit yang dibayangkan ya. Semoga informasi yang berjudul Cara Membuat Kreco Bumbu Serapah yang Nikmat diatas data  bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »