sss

Tips Goreng Ikan Tidak Lengket dan Hancur

Dapuronlineku – Siapa sich yang tidak suka makan ikan goreng? Ikan termasuk sumber protein yang bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi keluarga. Memasak ikan tidaklah semudah yang dibayangkan, karena banyak sekali kendala yang kadang membuat seseorang merasa trauma untuk masak ikan, misalnya : ikan lengket dan hancur. Penyebab ikan menjadi lengket dan hancur saat digoreng sangat beragam, diantaranya : kesegaran ikan, bumbu, proses menggoreng yang tidak tepat, kebersihan wajan, dan masih banyak lainnya. (Tips Mencegah Sayur Berubah Warna Setelah Dipotong)
Ikan/female.kompas.com
 Ikan menjadi lengket dan hancur saat digoreng memang tidak menyenangkan, meski demikian Anda tidak perlu merasa cemas, karena ada beberapa tips untuk mengatasinya. Hem, agar tidak penasaran, simak Tips Goreng Ikan Tidak Lengket dan Hancur berikut ini : (Awas, Ini 5 Tanda Sayuran Mulai Beracun)

•    Pastikan mengolah ikan yang masih segar dan baru

Memilih ikan segar dan baru dapat meminimalisir kejadian lengket dan hancur saat digoreng. Ikan busuk membuat tekstur daging ikan rusak, sehingga mudah hancur. (Waspada, 7 Makanan Ini Bisa Sebabkan Diare)

•    Kebersihan Wajan

Sebelum menggoreng ikan, pastikan wajan dalam kondisi bersih dan kering, karena bekas bumbu atau wajan dalam kondisi basah membuat ikan goreng mudah lengket dan hancur saat dibalik. (Cara Mengobati Keputihan Secara Alami)

•    Masukkan ikan pada saat yang tepat

Selain tips sebelumnya, Anda juga wajib memperhatikan kapan waktunya memasukkan ikan. Pastikan panaskan wajan dulu, baru tuang minyak dan biarkan dulu hingga panas, barulah Anda memasukkan ikannya. Hindari memasukkan ikan sebelum minyak panas sempurna yaa… (9 Makanan yang Membuat Mata Indah dan Sehat)

•    Hindari bumbu ikan yang berlebihan

Agar ikan goreng tidak lengket dan hancur saat digoreng, pastikan bumbu yang tidak berlebihan. Selain membuat ikan lengket, bumbu berlebihan juga membuat minyak cepat kotor.
  • Balik ikan pada saat yang tepat

Menggoreng ikan berbeda dengan krupuk yang harus dibolak-balik agar tidak gosong. Membalik ikan harus dilakukan pada saat yang tepat, yakni ketika bagian sisinya sudah kering dan tidak boleh berulang-ulang agar ikan tidak hancur. (Bumbu Dapur untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi)

•    Alasi Daun Pisang

Daun pisang juga bisa dimanfaatkan agar ikan tidak lengket saat digoreng. Caranya cukup letakkan dibawah ikan dan goreng seperti biasa.

•    Atur panas kompornya

Agar hasil gorengan ikan menjadi kering sempurna, pastikan Anda mengatur panas kompor pada suhu yang stabil. Terlalu panas akan membuat ikan gosong dan lengket. Api terlalu kecil juga membuat ikan menjadi lengket dan lembek. Untuk itu, pastikan suhunya sedang agar matang merata dan cepat kering.
Jangan kapok menggoreng ikan hanya karena lengket dan hancur yaa, karena dengan tips mudah diatas, hasil gorengan Anda pasti akan lebih sempurna. Semoga Tips Goreng Ikan Tidak Lengket dan Hancur diatas dapat bermanfaat yaa…
Loading...
loading...
Previous
Next Post »