sss

Cara Mencegah Sayur dan Buah Berubah Warna Setelah Dipotong

Pernahkah Anda merasa kaget saat melihat sayur dan buah berubah warna setelah dipotong? Perubahan warna sayur dan buah seringkali membuat warna aslinya jadi tidak terlihat dan kurang menarik. Diantara sayur dan buah yang sering berubah warna setelah dikupas atau dipotong adalah : kentang, terung, pir, apel, dan lain sebagainya. Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu, mengapa sayuran jadi berubah warna setelah dikupas atau dipotong? Hal itu terjadi akibat aktivitas enzim peroksidase dan katalase yang bereaksi dengan oksigen, dimana proses tersebut dinamakan browning enzimatic. Sementara itu, pada terung, hal itu merupakan pertanda baik, karena menunjukkan kandungan antioksidan tinggi didalamnya. (Tips Mudah Menghilangkan Duri bandeng dengan Mudah dan Cepat)
terung/duniafitness.com
Tidak perlu khawatir dengan perubahan warna pada sayuran, karena dengan sedikit trik, Anda bisa mencegah sayuran berubah warna setelah dipotong. Hem, kira-kira apa sajakah triknya? Simak informasi lengkapnya berikut ini : (Cara Mudah Mengundang Dollar dari Google Adsense)

Rendam dalam Air garam

Agar sayuran tidak berubah warna setelah dipotong atau dikupas, Anda bisa langsung mengolahnya. Namun jika masih lama, jangan biarkan di tempat terbuka, tapi rendam dalam air dingin atau air garam agar tidak berubah warna karena udara atau proses oksidasi. (Rahasia Sehat Merendam Kaki dalam Air Garam Hangat)

Air Lemon/jeruk nipis

Sama dengan yang terjadi pada sayuran, apel dan pir seringkali berubah warna kecoklatan jika tidak segera dimakan. Untuk mencegah perubahan warna apel dan pir setelah dikupas atau dipotong, Anda bisa merendam buah tersebut pada air dingin yang ditambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis. Kenapa harus air lemon/jeruk nipis? Karena kandungan asam dalam buah jeruk dapat memperlambat proses oksidasi sehingga perubahan warna bisa dicegah. 

Madu

Selain memanfatkan air perasan lemon/jeruk nipis, Anda juga bisa memanfaatkan madu, karena berfungsi memperlambat proses oksidasi. Caranya cukup tuangkan madu secukupnya pada buah-buahan yang sudah dikupas.
Hem, ternyata kita tidak perlu cemas dengan perubahan warna buah dan sayuran setelah dikupas atau dipotong, karena hanya dengan trik mudah, kita bisa mencegah proses tersebut. Jadi, penampilan buah dan sayuran Anda bisa tetap indah dan menggugah selera yaa… Semoga informasi berjudul Cara Mencegah Sayur dan Buah Berubah Warna Setelah Dipotong diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »