sss

Waspadai , Ternyata 8 Jenis Sayuran yang Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh

Memilih makanan terbaik wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, misalnya sayuran.  Banyak yang mengira jika sayuran termasuk satu jenis makanan yang terbaik, karena mengandung vitamin dan nutrisi tinggi. Namun siapa yang menyangka jika ada beberapa jenis sayuran bernutrisi yang pada kondisi tertentu justru mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan. Hem, pasti Anda kaget, jangan-jangan pernah secara sengaja atau tidak sudah memberikan pada keluarga tercinta? Ternyata, 10 Sayuran Ini lebih Sehat Jika Direbus0
Makanan/gizigizian.blogspot.com

Nah, agar kejadian teresebut tidak terulang lagi, ada baiknya jika Anda mengenal beberapa sayuran bernutrisi yang bisa menjadi racun bagi tubuh berikut ini : (Awas, 7 Jenis makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang)

1.    Seledri

Seledri mengandung senyawa nitrat yang apabila dipanaskan secara berulang dapat berubah menjadi nitrit yang memiliki sifat karsinogenik atau pemicu kanker. Selain itu, seledri juga mengandung psoralen dari golongan kumarin yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan sensitivitas pada kulit saat terpapar sinar matahari. (Awas, 7 Perilaku Ini Bisa Membuat Anda Jatuh Miskin)

2.    Kentang yang kehijauan

Kentang yang disimpan terlalu lama biasanya akan berubah warna kehijauan atau muncul bercak kehijauan. Kondisi tersebut disebut solanin atau glycoalkaloid yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sakit kepala, lemas dan mual. (Rahasia Mempercepat datangnya Rejeki Dengan ibadah Ringan)

3.    Jamur

Jamur memiliki rasa yang nikmat, meski demikian pastikan Anda mengonsumsi jenis jamur tertentu yang aman. Karena ada beberapa jenis jamur yang mengandung racun sehingga membahayakan kesehatan.

4.    Bayam

Bayam termasuk sayuran yang kaya akan nutrisi. Namun sayangnya, bayam mengandung asam oksalat yang yang mengikat kalsium sehingga tubuh tidak bisa memanfaatkannya. Bagi yang memiliki masalah lambung dan ginjal, kondisi ini dapat memicu pembentukan Kristal yang bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan batu ginjal. Selain itu, memanaskan ulang bayam juga dapat mengubah senyawa nitrat menjadi nitrit yang dapat menyebabkan kanker.

5.    Jengkol

Jengkol termasuk bahan makanan yang nikmat, namun saying jengkol mengandung asam jengkolat yang menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi mentah.

6.    Kacang merah

Kandungan fitohemaglutinin dapat menyebabkan sel darah merah dan darah putih menggumpal apabila dikonsumsi mentah atau kurang matang. Untuk itu, pastikan Anda memasaknya hingga matang sebelum dikonsumsi.

7.    Tomat

Tomat yang belum matang atau masih muda mengandung atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid yang memiliki rasa pahit dan membahayakan kesehatan. Untuk itu, biasakan mengonsumsi tomat yang sudah matang ya!
8.  Cabai
Cabai mengandung racun yang bernama capsaicin, dimana racun tersebut membuat cabai terasa pedas. Tahukah kalian jika zat kimia dalam cabe sangat keras sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan cat dan bisa digunakan sebagai pepper spray. Mengonsumsi capsaicin dalam jumlah tertentu dapat mengganggu kesehatan, seperti diare hingga kematian.
Baru tahu jika ternyata kita wajib berhati-hati dalam memilih dan mengolah sayuran agar mendapatkan nutrisinya dengan optimal.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »