sss

Tips Memasak Sayuran Agar Berwarna Indah dan Bernutrisi

Sayuran termasuk bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan. Sayuran memiliki bentuk dan warna yang beragam, dari mulai hijau, orange, ungu, merah, dan lain sebagainya. Warna-warna indah yang terdapat dalam sayuran bukan sekedar hiasan, karena hal itu menandakan banyaknya krolofil dan antioksidan didalamnya. Itulah alasan mengapa sayuran sangat penting dan sebisa mungkin harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Sayangnya proses memasak yang tidak tepat seringkali merusak keindahan warna dan juga nutrisinya. (Tips masak Lidah Sapi agar EMpuk dan Enak)
sayuran berwarna inda/www.makelifetestier.com
Sayuran yang kehilangan warna indahnya menunjukkan bahwa nutrisi didalamnya juga ikut terbuang. Nah, agar sayuran tetap berwarna indah dan nutrisinya tetap terjaga, simak 6 tips memasak sayuran berikut ini : (Ingin terhindar dari kanker Payudara, lakukan 10 kebiasaan baik Ini)

1.    Pilih sayuran segar

Kesegaran sayuran mempengaruhi keindahan warna sayuran setelah diolah. Agar warna sayuran indah, pastikan Anda memilih sayuran yang masih segar dan baru untuk dimasak. Segera masak sayuran dan jangan biarkan sayuran layu atau berubah warna, karena selain nutrisinya berkurang juga dapat merusak penampilannya. (Waspadai 8 gangguan Kesehatan Akibat Gangguan Sirkulasi darah)

2.    Rebus dalam air mendidih

Ketika merebus sayuran, pastikan Anda menunggu air mendidih terlebih dahulu, baru memasukkan sayuran. (8 Tanaman yang Berkhasiat Sebagai Penyembuh Alami)

3.    Waktu masak lebih singkat

Agar warna indah sayuran tetap terjaga, usahakan memasak sayuran dalam waktu yang tepat, yakni lebih singkat, karena masak sayuran dalam waktu lama dapat merusak warna juga teksturnya.

4.    Taburkan garam

Untuk mempertahankan keindahan warna alami sayuran, Anda bisa menaburkan sedikit garam pada air rebusannya.

5.    Masukkan dalam air es

Setelah merebus, Anda bisa memasukkan sayuran ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak. Cara ini tidak hanya membuat tekstur sayuran lebih renyah, tapi keindahan warnanya juga lebih terlihat.

6.    Manfaatkan minyak zaitun

Jika Anda ingin menumis sayuran, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Cukup tumis sebentar saja agar warna indah, tekstur dan juga nutrisi sayuran tetap terjaga.
Setelah mengetahui penjelasan diatas, tentunya kita harus lebih pandai mengolah sayuran yang tidak hanya terjaga nutrisinya tapi juga warna dan teksturnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »