sss

Tips Cerdas Menghemat Pemakaian Gas LPG

Sedang asyik memasak, tiba-tiba gas LPG habis. Hem, pasti menyebalkan bukan? Gas LPG habis pada waktu yang sudah diperhitungkan tentu bukanlah masalah, tapi bagaimana kalau habisnya jauh sebelum waktunya? Di tengah melambungnya harga kebutuhan pokok, para wanita harus pandai menghemat segala pengeluaran, termasuk pemakaian gas LPG. Ada banyak tips cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pemakaian Gas LPG, diantaranya : (Tips Menghilangkan rasa Pedas di Mulut dnegan Cepat)
LPG/sejasa.com

1.    Gunakan regulator dan selang yang berstandar baik

Cara pertama yang harus diperhatikan agar LPG lebih hemat adalah penggunaan regulator dan selang LPG yang berstandar baik. Hal tersebut dapat meminimalisir risiko gas bocor. (Jaga Kesehatan Paru-Paru Dengan 10 Makanan Ini)

2.    Penempatan tabung gas yang tepat

Satu hal lain yang harus diperhatikan agar LPG lebih hemat adalah cara menempatkan tabung LPG. Berikan alas pada tabung LPG dari kayu atau roda agar tidak terjadi kristalisasi pada bagian dasar tabung yang mengakibatkan berkurangnya volume gas. (Waspadai 8 Ganguan Kesehatan Akibat Sistem Peredaran Darah)

3.    Gunakan api sedang saat memasak

Memasak dengan api sedang tidak hanya membantu menghemat gas LPG, tapi juga membuat hasil masakan lebih bagus dan matang sempurna. Berbeda dengan masak dalam ai besar yang membuat masakan mentah di dalam atau gosong. (Ternyata, Wanita Bumi lebih Utama dibandingkan Bidadari Surga)

4.    Atur warna api kompor

Mengatur warna api kompor bisa membantu Anda menghemat gas. Pastikan api pada kompor Anda berwarna biru, karena lebih panas dibandingkan warna api merah. Jadi selain waktu memasak lebih cepat, pemakaian gas juga lebih hemat. (Benarkah Rasulullah Menggunakan Cincin Batu Akik)

5.    Pemilihan alat masak yang tepat

Memilih alat masak yang tepat juga membantu menghemat LPG, misalnya : panci presto yang mempercepat proses pengempukan makanan.

6.    Tutup panci saat memasak

Menutup panci saat memasak dapat membantu menghemat LPG, karena dengan menutup panci maka tidak ada panas yang terbuang sehingga masakan cepat matang dan waktu memasak jadi lebih singkat.

7.    Rutin bersihkan kompor

Tips terakhir untuk menghemat LPG adalah dengan rajin membersihkan kompor, karena kotoran dapat menyumbat saluran api sehingga warnanya tidak biru.
Ternyata banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian LPG. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »