sss

Cara Menyimpan Keju Agar Tidak Rusak dan Berjamur

Ada yang suka dengan keju? Keju termasuk bahan makanan  yang kaya akan nutrisi dan  rasanya sangat khas. Keju dibuat dari hasil fermentasi susu yang katanya semakin tua akan semakin nikmat. Kebanyakan orang memanfaatkan keju sebagai pelengkap kue dan makanan agar rasanya lebih gurih dan lezat. Sayangnya, keju mudah berjamur dan rusak jika penyimpanan tidak benar, oleh karena itu selalu pastikan Anda tidak mengonsumsi keju yang berjamur ya. (Cara Mudah Kenali Telur Asin Palsu)
Keju agar awet
Keju/situssehatku.blogspot

Agar keju yang Anda beli tidak mudah ditumbuhi jamur yang berwarna kehijauan, kekuningan, atau rasanya jadi berubah menjadi asam, simak tips menyimpan keju agar tahan lama dan tidak ditumbuhi jamur berikut ini: (Awas, Kebiasaan Minum yang Salah Dapat Merusak Kesehatanmu)

Perhatikan kemasan

Ketika membeli keju, pastikan Anda memperhatikan kemasannya masih bagus dan tersegel dengan benar. Hindari membeli keju dengan kemasan yang rusak atau sudah terbuka karena rentan terkontaminasi kotoran atau bakteri yang menyebabkan jamur. (Tips Membuat Saus Tomat yang Enak dan Sehat)

Periksa tanggal kadaluarsa

Meskipun keju terbungkus rapi, tapi tetap perhatikan apakah keju dalam kondisi baik. Jangan beli keju yang terlihat kering atau berubah warna. Selain itu,  Anda jangan lupa periksa tanggal kadaluarsa ya.
Gosok dengan minyak zaitun/canola. (Tips Ampuh Mengusir Serangga Penebar Penyakit)
Sebelum menyimpan keju, terutama yang jenis keju Amerika (Bleu, washed rind, Grey) Anda bisa menggosoknya dengan minyak zaitun atau canola agar keju tetap awet dan lebih tahan lama.

Penyimpanan

Simpan keju di tempat yang bersih dan kering, namun sebelumnya Anda bisa melapisi dnegan tisu makan atau kain tipis dna lembut. Tapi berikan sedikit ruangan untuk keju bernafas, lalu Anda bisa menyimpannya ke dalam lemari es.

Jika Sebagian Permukaan Keju berjamur, maka.....

Setelah disimpan dengan baik, kadang keju masih ditumbuhi jamur pada bagian permukaan. Tenang saja, karena keju masih aman dikonsumsi adalkan aroma dan rasanya tidak berubah. Apabila ada perubahan pada aroma dan rasa, Anda bisa membuang bagian keju yang berjamur, lalu oleskan minyak zaitun /minyak canola. Setelah itu, And abisa menyimpannya dalam wadah kering lainnya yang kedap udara.
Selain memperhatikan tips diatas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal lain agar keju tetap awet dan tidak mudah ditumbuhi jamur, diantaranya : jangan meletakkan keju di tempat terbuka dan jangan menyimpan keju di kulkas tanpa plastic pelindung. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »