sss

Tips Masak Nasi yang Pulen, Wangi, dan Tidak Mudah Basi

Memasak nasi termasuk aktivitas yang biasa dijalani oleh Ibu rumah tangga. Namun demikian, masih banyak wanita yang belum tahu bagaimana cara memasak nasi yang tepat. Memasak nasi bisa menggunakan beberapa cara, misalnya :  Tim, liwet, aron, maupun magic com. Dari semua cara tersebut, masak nasi menggunakan magic com tetaplah menjadi favorit. (7 Jenis masakan yang berbahaya jika dipanaskan ulang)



 Masak nasi menggunakan magic com tidak hanya mudah, tapi juga praktis dan cepat. Cukup mencuci beras, masukkan ke dalam magic com, lalu colokkan ke listrik, beres dech. Sayangnya, meski sudah menggunakan magic com, sebagian wanita masih mengeluhkan hasil masakannya, misalnya : terlalu keras/pera,  terlalu lembek. Padahal seperti yang kita tahu, nasi pera akan membuatnya cepat kering dank eras, sedangkan nasi lembek akan menyebabkan cepat berair/basi. (Tips memilih minyak goreng yang sehat)
Nah, agar memasak nasi dengan magic com bisa sempurna hasilnya, simak tips masak nasi yang pulen, wangi dan tidak mudah basi berikut ini : (Waspadai Serangan Penyakit saat Lebaran)

•    Agar nasi pulen

Perhatikan komposisi yang tepat antara beras dan airnya. Jangan lebih atau kurang, tapi takarlah dengan tepat dengan perbandingan beras dan air 1:2. Jika airnya satu gelas, maka gunakan airnya 2 gelas takar. (Tips Menyimpan Kue Kering agar Awet renyah dan tahan lama)

•    Agar aroma nasi lebih wangi

Membuat nasi di magic com beraroma wangi tidaklah sulit. Caranya cukup dengan menambahkan 2 lbr daun pandang, robek menjadi dua agar aromanya mudah menyebar. Dijamin dech, hasil masakan akan lebih menggugah selera.

•    Agar nasi lebih putih dan tidak mudah basi

Biasanya nasi yang di masak pada magic com lebih mudah bau atau berubah warna menjadi kuning. Hal itu tentu membuat Anda sedih bukan? Untuk mengatasinya, Anda cukup menambahkan air perasan jeruk nipis pada nasi yang akan di masak. Kandungan asam pada jeruk nipis berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dalam nasi sehingga nasi bisa tetap putih dan tidak akan mudah basi.

•    Aduk nasi hingga merata

    Ketika nasi baru saja matang, Anda harus mengaduk nasi hingga merata. Hal itu dimaksudkan agar uap air dan air yang terdapat pada sela-sela nasi bisa merata dan nasi tidak cepat kering.
Semoga informasi tentang tips memasak nasi yang pulen, wangi dan tidak mudah basi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sumber gambar : okezone
Loading...
loading...
Previous
Next Post »