sss

Cara Membuat Kaldu Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat masakan gurih dan lezat tidak harus menambahkan MSG atau zat berbahaya lainnya. Kaldu ayam bisa menjadi salah satu alternative untuk menambah kelezatan masakan. Saat ini, banyak produk kaldu ayam instan yang beredar di pasaran, baik yang berbentuk serbuk, blok maupun pasta. Namun kebanyakan dari produk tersebut mengandung MSG dan bahan kimia berbahaya lainnya, misalnya : pewarna, dan pengawet. Hem, tentu tidak aman jika digunakan dalam jangka panjang bukan? (Tips Mengolah Kikil Agar Empuk dan Tidak Bau)
gambar disini
Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat kaldu ayam sendiri di rumah. Hem, kira-kira bagaimana caranya? Simak cara membuat kaldu ayam yang lezat dan gurih berikut ini :

1.    Memilih ayam kampung yang tua dan gemuk

Agar rasa dan hasil kaldu ayam lebih mantap, pilihlah ayam kampung yang agak tua dan gemuk. Untuk membuat kaldu ayam, Anda bisa memilih bagian punggung ayam. Ayam yang gemuk memiliki saripati ayam yang lebih banyak dan gurih. Potong ayam agak kecil saat direbus, agar lebih cepat empuk.

2.    Pilih bahan tambahan yang berkualitas baik

Selain ayam, Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya, diantaranya : wortel cincang, bawang merah cincang, bawang pre cincang, dan daun salam. Semua bahan tersebut akan menyempurnakan rasa dan aroma kaldu ayam buatan Anda.

3.    Merebus ayam

Rebus ayam dalam panci selama 1 jam, tapi pastikan gunakan api sedang agar tekstur ayam tetap terjaga. Oiya, jangan lupa menambahkan garam secukupnya ya. Setelah ayam empuk, Anda bisa menambahkan sayuran dan masak hingga kaldu mengental. Jangan lupa buang busa yang ada pada permukaan panci. Masak kaldu dalam panci terbuka agar tidak meluap.

4.    Waktunya mengangkat kaldu

Ketika air kaldu sudah menyusut dan warnanya berubah kuning keemasan, Anda bisa mengangkat kaldu dan menyaringnya agar tulang dan sisa sayuran tidak ikut masuk.

5.    Menyimpan kaldu ayam

Setelah di saring, Anda bisa menyimpan kaldu di dalam kulkas. Dalam waktu 1-2 jam, Anda akan melihat lemak kaldu mengambang di permukaan. Gunakan sendok untuk membuangnya, kemudian kaldu siap digunakan. Jika Anda ingin menyimpannya, silahkan masukkan dalam wadah tertutup lalu taruh ke dalam freezer. Penyimpanan yang tepat akan membuat kaldu ayam tahan hingga 5 bulan.
Ternyata membuat kaldu sendiri cukup mudah ya. Kalau sudah tahu caranya, yuk biasakan membuat kaldu ayam sendiri yang lebih sehat dan aman. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
loading...
Previous
Next Post »