sss

Tips Memasak Ayam Goreng Tepung Lebih Enak dan Renyah

DapurOnlineku -Ayam goreng tepung merupakan salah satu olahan ayam yang banyak disukai semua kalangan.  Sensasi renyah, krispy, dan gurih membuatnya cocok dinikmati di segala suasana.   Ayam goreng tepung atau yang trend disebut fried chicken merupakan sajian ayam yang diolah dengan cara dibaluri  tepung, kemudian digoreng hingga kering dan renyah.
Ayam goreng tepung biasanya dinikmati bersama nasi putih dan saus tomat atau cabai. Karena banyaknya peminat ayam goreng tepung, tak heran jika banyak rumah makan yang menjadikan ayam goreng tepung sebagai menu andalan. Bahkan pedagang kaki lima tak mau kalah untuk ikut berlomba-lomba menjajakan ayam goreng yang cruncy ini. 
Membuat ayam goreng tepung yang  renyah dan enak tidaklah mudah, dibutuhkan trik-trik tertentu agar hasil maksimal, yakni renyah, bumbu meresap, matang, penampilan bagus.  Proses yang tidak tepat akan membuat ayam goreng tepung tidak renyah, kurang matang bagian dalam, gosong, atau bahkan kurang menarik. Nah, agar berhasil membuat ayam goreng tepung yang lebih enak dan renyah, intip step by stepnya berikut ini :

1.    Pemilihan ayam yang tepat

Pemilihan ayam yang baik akan menentukan keberhasilan dalam membuat ayam goreng tepung.  Pada dasarnya, semua bagian ayam bisa diolah menjadi ayam goreng  tepung. Namun ada beberapa bagian yang pas diolah menjadi ayam goreng tepung, karena lebih cepat kering, matang, dan bumbu lebih  cepat meresap, misalnya : sayap, Paha ayam, kepala, dan dada. Khusus bagian dada, Anda bisa memotong ayam lebih tipis agar bumbu mudah meresap dalam daging dan lebih cepat kering/renyah. Satu lagi agar bumbu lebih mudah meresap, Anda bisa menusuk-nusuk bagian dada yang tebal hingga ke tulang, sehingga hasilnya juga lebih cepat matang dan renyah. 

2.    Membersihkan ayam dengan benar

Membersihkan ayam dengan benar menjadi salah satu penentu keberhasilan mengolah ayam goreng tepung. Pastikan ayam bersih dari bulu yang menempel, sehingga pori-pori ayam terbuka sempurna. Kondisi tersebut akan memudahkan bumbu meresap kuat dan lebih matang ketika digoreng.

3.    Proses merendam ayam

Untuk menghasilkan ayam goreng tepung yang enak dan renyah, Anda bisa melalui beberapa tahapan berikut ini :
•    Rendam menggunakan air hangat
Setelah ayam bebas bulu dan dicuci hingga bersih, Anda bisa merendam ayam kedalam air hangat. Hal itu bertujuan agar pori-pori kulit ayam terbuka lebar sehingga memudahkan bumbu  meresap.
•    Masukkan ayam kedalam kocokan telur
Setelah direndam kedalam air hangat, Anda bisa memasukkan ayam kedalam kocokan telur yang sudah dibumbui bawang merah, bawang putih, merica bubuk, garam, dan kaldu. Remas-remas  ayam agar bumbu meresap, kemudian diamkan ayam dalam rendaman selama kurang lebih 15 menit.
•    Tambahkan susu bubuk kedalam rendaman
Agar kadar air dalam ayam berkurang, bumbu lebih meresap, dan ayam lebih cepat kering, Anda bisa menambahkan susu bubuk kedalam rendaman ayam diatas.
4.    Saatnya membaluri ayam dengan tepung
Setelah ayam direndam, Anda bisa membaluri dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Remas-remas dan cubit-cubit agar bentuknya keriting.  Celupkan kedalam rendaman, lalu baluri lagi dengan tepung hingga tingkat ketebalan yang diinginkan.
5.    Saatnya menggoreng ayam
Sebelum menggoreng ayam, pastikan Anda menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak/dapat merendam ayam secara keseluruhan. Selain itu, pastikan minyak dalam suhu panas sehingga menghasilkan ayam yang matang merata. Ketika ayam sudah kering, Anda bisa membalik ayam  tepung menggunakan penjepit makan agar bentuknya tidak rusak.

6.    Tiriskan ayam goreng tepung

Setelah ayam tepung digoreng, Anda bisa meniriskannya hingga kadar minyak benar-benar hilang. Selain itu, memniriskan ayam membuat ayam tidak mudah  lembek dan Jika ayam yang telah digoreng belum hilang kadar minyaknya, jangan langsung diletakkan ke dalam piring saji. Tiriskan sisa minyak pada ayam hingga kering agar ayam tidak mudah lembek dan renyah lebih lama.

7.    Simpan ayam di ruang kering dan hangat

Setelah ditiriskan, Anda bisa menyimpan ayam goreng tepung di ruang yang kering dan hangat. Atau jika jumlahnya banyak, Anda bisa menyimpannya dekat dengan lampu yang berdaya  50 watt. Hal itu dilakukan agar ayam goreng tepung lebih terjaga kerenyahannya.
Semoga tips diatas dapat memudahkan kegiatan memasak Anda. Selamat Mencobaa!

Baca Artikel Keren Lainnya
Loading...
loading...
Previous
Next Post »