sss

Tips Memasak Pare Tanpa Pahit dan Nikmat

Pare, siapa sich yang tidak mengenalnya. Buah berbentuk panjang dan bergerigi ini terkenal memiliki rasa yang pahit menjalar hingga ke tenggorokan. Meski demikian Pare menyimpan sejuta khasiat untuk kesehatan kita, diantaranya : mematikan sel kanker, melancarkan pencernaan, menyembuhkan malaria, menyembuhkan penyakit kuning, membersihkan darah, dan lain sebagainya.
Banyaknya manfaat dari pare membuat beberapa orang mencoba menyiasatinya menjadi olahan yang  menggugah selera, diantaranya oseng-oseng pare, siomay, dan lain sebagainya. Hem, tapi bagaimana dengan rasa pahit pada pare? Tenang saja, ternyata ada trik-trik khusus untuk meminimalisir rasa pahit pada olahan pare. Penasaran, intip yang berikut ini :

Diremas dengan garam

Salah satu cara untuk meminimalisir rasa pahit pare adalah dengan cara : potong pare menjadi dua bagian, kemudian hilangkan bijinya dan juga selaput putih didalamnya. Iris  pare tipis-tipis, kemudian taburkan garam bubuk kedalam irisan pare dan remas-remas hingga pare lemas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci hingga bersih dan pare siap diolah menjadi aneka olahan yang menggugah selera.

Direbus dengan air garam

Jika Anda tidak sreg dengan cara diatas, Anda bisa menempuh alternative lain, yakni dengan cara merebusnya bersama air garam, kemudian buang airnya dan pare siap dimasak.

Diremas menggunakan gula pasir

Cara ini bisa dikatakan sama dengan cara yang pertama, yakni setelah pare diiris-iris, kita bisa menaburkan gula pasir dan meremas-remas hingga pare lemas. Memang memeras pare memiliki tujuan untuk mengeluarkan cairan pahit dalam buah pare sehingga pare akan lebih nikmat ketika diolah menjadi masakan.

Direbus bersama Daun jambu biji

Daun jambu biji bisa menetralisir rasa pahit pada buah pare, karena itu Anda bisa menggunakannya, yakni : ambil beberapa lembar daun biji, remas-remas hingga aromanya keluar dan rebus bersama pare yang sudah dibersihkan dari biji dan selaput putihnya. Proses perebusan jangan terlalu lama, agar rasa alami pare masih bertahan.

Direbus bersama lempengan tanah liat

Tanah liat kering termasuk salah satu bahan untuk menetralisir rasa pahit pada buah pare. Darimana kita mendapatkan tanah liat kering? Tenang saja, kita bisa mendapatkan dnegan mudah di pasar-pasar tradisional. Caranya adalah dengan merebus pare dengan lempengan tanah liat kering hingga setengah matang. Kemudian pare bisa diolah sesuai selera.

Siasati rasa pahit dengan bumbu yang beraneka ragam

Rasa pahit pare akan terabaikan jika Anda berhasil membuat olahan yang nikmat. Gunakan bumbu-bumbu yang mampu meningkatkan selera makan, misalnya : teri, ebi, olahan pedas, ikan asin, saus kacang, dan lain sebagainya. Dengan perpaduan bumbu yang tepat, niscaya orang tidak akan peduli rasa pahit pare lagi.
Semoga trik-trik diatas dapat membuat Anda cinta dan tak segan lagi mengolah serta menyantap buah pare yang multi khasiat.

Loading...
loading...
Previous
Next Post »